Minggu, 15 September 2013

Ferocious Jakartans


Dengan adanya bus TransJakarta, kita bisa tau betapa beringasnya penduduk Jakarta.

Sebagai pengguna bus TJ sejak kelas 9 SMP, gue merasa semanis-manisnya perempuan ato sekemayu-kemayu nya lakik kalo naek bus TJ, mereka akan berubah jadi beringas. Keberingasan itu biasanya dapat dilihat di shelter awal TJ ato shelter transit dimana terdapat ‘tumpukan’ penumpang yang menunggu kedatangan bus. Kalo yang di shelter awal emang gag begitu keliatan. Tapi kalo di shelter transit macem shelter Semanggi ato di Harmoni, beuh, semacam terjadi ‘survival of the fittest’. 

Contohnya kek di koridor 9 rute Pinang Ranti-Pluit. Beuh, itu kalo bus dateng, semua yang nunggu udah pada kek kebelet pipis kelukannya. Nyelonong dan gag jarang dorong-dorongan kalo mau masuk. Padahal mas-mas yang jaga pintu udah bilangin untuk dahulukan yang mau keluar. Mending yang keluar dikit dan keadaan di bus nya lengang. Ini bus nya udah rame, yang mau keluar kudu nyelip-nyelip, eh yang mau naek pada gag sabar maen terobos aja. Lu pikir dah tuh gimana hecticnya.

Gue sering nunggu di pintu khusus perempuan. Bukan karena gue perempuan jadi gue mau di situ. Alesan gue selalu nunggu di situ adalah karena di tempat nunggu itu yang nunggu banyak perempuannya (you don’t say?!). Which is pasti wangi-wangi dan kecil kemungkinan ada bau ketek yang menyeruak di kerumunan. Kalo menurut heteronormativitas, ciwiciwi itu kan kalem-kalem yak. Eh enggak juga dong. Gue sering di dorong-dorong sama ciwi yang ngantri di belakang gue. Dan itu selalu terjadi tiap gue dokem dulu untuk membiarkan penumpang turun. Mending kalo pintu bus nya udah kebuka, ini bus nya baru banget nyampe. Gue udah didorong-dorong. Etbuset dah. Gue rasa itu ciwiciwi pada pen cepet-cepet nyampe tujuan mereka karena kebelet pipis.

Sebenernya di setiap shelter selalu terjadi yang kek begonoan. Terutama di saat rush hour orang berangkat dan pulang kerja. Tapi karena gue seringnya naek koridor 9, jadilah yang disitu yang berasa banget.

Jadi menurut gue, serapih-rapihnya Jakartan, sekalem-kalemnya ciwiciwi, dan sewangi-wanginya mas-mas, kalo udah menggunakan bus TJ, mereka gag kalah beringas sama singa-singa kelaparan.

Gitu aja sih. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar