Minggu, 29 Juni 2014

Maanfaat kecil dari berpuasa




Berpuasalah, maka kamu akan sehat (HR Ibnu Suny dan Abu Nu’aim)

Kutipan sederhana yang popular dari Nabi besar Muhammad SAW itu seakan mengajarkan (atau mendoktrinasi) bahwa puasa adalah sesuatu yang menyenangkan untuk kalian yang ingin selalu sehat. Banyak sekali contoh tulisan mengenai puasa yang menyehatkan. hal tersebut bisa kalian dapatkan dalam situs yang maha kuasa, instan dan murah, Google.com. Sudah barang tentu saya tak perlu menegaskan sehatnya dari situs disini. Karena kredibilitas saya akan dipertanyakan jika menuliskannya. Karena saya sendiri bukanlah tipikal orang yang menerapkan gaya hidup sehat.

Berpuasa adalah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan orang yang beriman kepada Allah SWT. Sekali lagi, orang yang beriman kepada Allah SWT. Jadi jika kalian merasa belum beriman, tidak begitu diwajibkan. Puasa sendiri dikonsepkan untuk menahan diri dari hawa nafsu. Nafsu makan, nafsu minum, nafsu birahi, nafsu ingin membentak dan memukili teman karena terlalu lama menunggak hutang judi pertandingan sepakbola serta banyak nafsu lainnya.

Dalam beberapa tulisan yang ada di situs maha kuasa itu, ada sebuah argumen yang menarik saya untuk dikembangkan lebih lanjut, yaitu tentang berpuasa dapat membuang racun dalam diri seseorang. Tentu saja hal ini menarik untuk saya kupas. Terlebih saya adalah orang yang gemar memasukan racun kedalam diri saya. Merokok, menanamkan kebencian dan berprilaku boros adalah beberapa diantaranya. Dengan berpuasa, saya tidak bisa menanamkan hal-hal tersebut pada siag hari, jika malam tiba, mungkin bisa.

Tentang berpuasa yang dapat membuang racun dalam diri seseorang, saya  turut merasakan daya magisnya. Seluruh tubuh seakan stabil saat berpuasa. tak ada rokok dan kebencian yang masuk di siang hari membuat saya merasa menjadi manusia yang berbeda.walaupun hanya satu bulan, maknanya terasa sekali. Berpuasa juga membuat saya merasa keren. Karena di lingkungan rumah saya, hanya saya dan keluarga yang beragama Islam.

Berpuasa juga bisa membuat saya tak lagi berprilaku boros yang dapat menyebabkan penderitaan tak berujung. Perilaku boros adalah sebuah racun dalam diri manusia. Sifat manusia yang tak pernah puas yang membuat konsep boros akhirnya lahir ke dunia. Dengan berpuasa, minimal saya bisa menetralisir perilaku konsumtif saya. Walaupun hanya sejenak.

Dan makna berpuasa dapat membuat sehat adalah benar adanya. Saya telah membuktikan argumen populer tersebut dan mencoba mengamalkannya dikemudian hari. Semoga saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar