Rabu, 18 September 2013

Tanah Surga, Katanya...

Seketika terngiang lirik lagu Koes Ploes yang judulnya Kolam Susu ketika dosen Sistem Komunikasi Indonesia (SKI) memaparkan data apa saja yang diimpor oleh Indonesia. Kira-kira begini liriknya:
“Orang bilang tanah kita tanah surga... Tongkat kayu dan batu jadi tanaman...”
Sebenernya ada lanjutannya lagi. Tapi saat postingan ini diketik, gue lupa bagian selanjutnya. Lagipula, pas kelas SKI, yang tengiang cuma bagian itu aja.

Oke lanjut lagi.

Itu lagu terngiang karena terdapat komoditas asli Indonesia yang juga diimpor. Gue ampe ber ’wow’ pas tau bahkan sampe singkong juga diimpor. --a

Udah bukan rahasia lagi kalo kita yang katanya negara agraris diketahui sebagai pengimpor beras terbesar. Ironis, memang. Kemana beras-beras yang dihasilkan para petani di negeri ini? Gue rasa udah gag pantes deh Indonesia disebut negara agraris. Wong bahan pangan dari hasil pertanian aja diimpor kok.

Sekarang ini, makanan rakyat macem tahu dan tempe pun udah gag bisa disebut makanan rakyat karena dampak rupiah yang melemah terhadap dolar. Apa hubungan rupiah melemah dan tahu-tempe yang udah gag bisa disebut makanan rakyat lagi? Ada! Tentu saja karena bahan baku utama tahu dan tempe adalah kacang kedele itu kacang di impor pun. Jadi mahal deh. Udah dua kali pembuat tahu-tempe ngamuk dengan ngebuang-buangin hasil produksi mereka karena harga kedele yang gag affordable.

Gue heran. Anda pun heran. Indonesia yang oke banget kesuburannya kenapa musti impor sana-sini untuk komoditas yang harusnya melimpah di negeri ini. Sayang banget ‘duit negara’ kudu dipake buat impor barang yang seharusnya bisa diberdayakan di negeri sendiri.

Lantas kalo udah kayak begini mau nyalahin siapa? Salahin petani yang gag punya lahan karena lahannya dibeli murah untuk pembangunan pabrik-pabrik atau bahkan perumahan elit? Salahin para pembuat kebijakan yang gag bijak dalam mengambil keputusan? Atau salahin diri sendiri yang masih bangga bila membeli bahan-bahan makanan impor yang padahal negeri kita banyak melimpah?

#UdahGituAja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar