Selasa, 01 Oktober 2013

Komunisme ≠ Atheisme

Sekitar 3 tahun yang lalu, gue kenal sama seseorang. Sebut saja namanya Kaktus. Kaktus adalah seorang guru bahasa Jepang yang dikenalkan oleh Gadis Kesayangan gue. Ketika bertemu pertama kali, gue biasa aja sama dia. Begitu pertemuan kedua dan ketiga, gue tau kalo nih orang pinter nih. Sebagai seorang sapiosexual, tentulah orang kek begini menarik buat gue.
Sampai suatu ketika gue dan kaktus terlibat dalam suatu obrolan yang yang entah bagaimana bisa mengarah ke pembahasan soal komunis. Waktu itu kayaknya gue baru cerita soal liberalisme yang saat itu masih gue explore dan perdalam. Ya pokoknya pas abis gue ngomongin liberalisme, si Kaktus ngarahin pembicaraan ke sekularisme (yang saat itu gue belom tau artinya apa), terus ngejelek-jelekin alm. Gus Dur dan Cak Nur, dan yang terakhir soal komunisme.

Well, saat itu gue juga belom berlalu mendalam ngertinya soal komunisme. Gue cuma tau komunisme itu sebuah ideologi, Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah partai yang menganut ideologi komunis, orang-orang yang berafiliasi dengan PKI dimusnahkan dan dicabut hak-hak nya sebagai manusia sejak 1965, dan ampe sekarang masih banyak warga Indonesia yang memang merupakan kader PKI atau hanya dituduh PKI yang masih dipersulit hidupnya.
FYI, si Kaktus ini adalah seorang  Muslim yang taat. Level fundies deh. Simpatisan setia Front Pembela Islam (FPI) pula. Kalo saat ini, gue maklum sama apa yang dikatakan Kaktus 3 tahun lalu. Karena... Ya gitu!
Kaktus bilang kalo PKI itu harus dihabisi di Indonesia. Karena pandangan mereka berbahaya bagi ketentraman umat beragama di sini. Saat percakapan ini terjadi, lagi rame berita soal FPI  di daerah Jawa-mana-gitu-gue-lupa nyerbu tempat pertemuan anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) yang lagi mengadakan silaturahim dengan keluarga eks PKI (atau anak-anak eks PKI. Gue lupa).
Saat itu Sherly Febrina merupakan seorang anak SMA yang masih lugu, naif, dan masih baru banget nyemplung di issue tentang hak asasi manusia. Jadilah gue bilang ke si kaktus kalo yang kek begitu tuh harusnya gag boleh terjadi. Karena kan itu melanggar hak orang untuk berkumpul. Terus gue bilang lagi, pembantaian orang-orang PKI atau yang dituduh PKI juga gag boleh dilakukan atas dasar apapun. Karena setiap orang memiliki hak untuk hidup dan menganut ideologi masing-masing.
Kaktus jawab, "PKI itu bahaya buat orang-orang Indonesia. Bikin orang jadi gag percaya Tuhan dan milih PKI untuk dipercaya. Bayangin aja, masa orang-orang PKI ngebuangin peralatan bertani para petani, terus si petani itu suruh minta sama Tuhan untuk ngasih si petani cangkul dan lainnya. Kan gag bisa langsung dapet kalo minta sama Tuhan. Tapi kalo minta sama PKI, si petani langsung dapet. Jadilah PKI itu bakal dianggap sebagai Tuhan."
Tiga tahun yang lalu, gue masih cuma "oh", "iya", "he'eh sensei" aja. Masih polos yekan. Ditambah lagi, gue demen pun sama si Kaktus. Jadi, ya, gitu deh...
Tahun 2013 gue udah bukan anak SMA polos lagi. Gue udah dapet banyak masukan tentang topik-topik yang dianggap tabu macem komunisme, anarkisme, sekularisme, dan sebagainya. Temen-temen yang gue ajak temenan juga berkualitas semua. Gag 'kecanduan' doktrin agama, berpikiran terbuka, dan yang terpenting, menghargai hak asasi manusia.
Iseng, gue analisis kata-kata si Kaktus 3 tahun yang lalu. Menurut gue, apa yang dilakukan PKI saat itu -membuang cangkul lalu nyuruh perani literary minta sama Tuhan- bukannya buat ngebikin itu petani gag percaya adanya Tuhan atau menuhankan PKI. Justru PKI mengajarkan para petani itu untuk berpikir rasional bahwa gag semuanya bisa lo minta ke Tuhan dan langsung lo dapetin saat itu juga. Karena itulah, PKI memberi jalan kepada si petani supaya dia bisa punya cangkul untuk bertani. Buat gue, urusan si petani nantinya bakal jadi atheis dan menuhankan PKI, itu cuma side effect. Siapa tau sebenernya PKI itu adalah cara Tuhan ngasih cangkul ke petani.
Gue rasa kata-kata Kaktus 3 tahun lalu itu merupakan efek film Pengkhianatan G30S PKI, deh. Secara, saat gue kenal, umur si kaktus udah sekitar 33-34 gitu. Anak orde baru yekan. Jadi karena proses doktrinasi film propaganda yang dia alami semasa sekolah -itu film udah gag wajib ditonton lagi sama anak sekolah pasca reformasi, jadilah omongan yang keluar dari dia ya seperti itu  deh.
Tong kosong nyaring bunyinya berlaku buat si Kaktus. Sepertinya itu orang belom paham makna komunisme makanya bisa bilang hal yang maknanya adalah komunisme sama dengan atheisme. Selain belom paham komunisme, dia juga belom paham maknanya atheist.
Menurut pemahaman gue, orang gag begitu aja bisa jadi atheist. Gag segampang menghilangkan mata pencahariannya atau bikin dia down lalu itu orang jadi atheist. Pengangguran yang berdoa mulu tapi gag dapet-dapet kerjaan terus dia bosen dengan itu dan jadi gag percaya Tuhan? Itu bukan atheist. Itu namanya orang males. Lo gag bakal dapetin yang lo mau hanya dengan berdoa. Lo pikir Tuhan tuh orangtua lo? Emang umat-Nya elo doang? Enggak kan?
Jadi silakan perdalam dulu issue yang mau lo cela-cela sebelom elo ngomongin kejelekannya. Minimal baca di Wikipedia dulu deh. Ya kalo elo nyela-nyelanya di depan anak SMA lugu, polos, dan naif kayak gue 3 tahun yang lalu. Kalo lo nyelanya di depan gue yang sekarang ato orang macem temen-temen gue sekarang? Malu kan kalo kalah sama seniman pemabuk yang doyan ngebaks? Apalagi kalo elo adalah orang macem Kaktus.  Masa kalah sama 'pendosa'? ;)
#UdahGituAja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar