Kamis, 10 Oktober 2013

Haiku

Olrait. Hari ini gue mau cerita soal Haiku.



Makhluk apa itu Haiku? Biasanya kalo bukan pujangga (ceileh) jarang ada yang ngerti apa itu Haiku.


Ehem.. Jadi Haiku adalah salah satu karya sastra dari Jepang yang berbentuk puisi. Biasanya ini puisi menggambarkan atau menceritakan tentang keadaan alam atau musim. Pokoknya ini puisi natural banget deh.



Puisi jenis ini memiliki aturan baku yaitu 5-7-5. Maksudnya adalah tiap bait terdiri dari 17 suku kata. Tujuh belas suku kata itu gag sembarangan ditaro begitu aja. Sebaris gitu misalnya. Itu harus dipisah jadi 3 baris. Baris pertama berisi 5 suku kata, baris kedua 7 suku kata, dan baris ketiga 5 suku kata lagi



Salah satu penyair Haiku yang gue kenal adalah Matsuo Bashō (1644–1694). Waktu itu gue pertama kali tau tentang doi di workshop penulisan puisi oleh Komunitas Bunga Matahari yang diadain sama Majalah Change di tahun 2008. Saat itu, Haiku Bashō yang ditunjukin sama mentor gue adalah yang judulnya Old Pond.



Gini yang di tunjukkin sama mentor gue saat itu:

old pond . . .

a frog leaps in

water’s sound
Aslinya, dalam bahasa Jepang, itu puisi mengikuti aturan 5-7-5. Maka jadinya kek begini:

fu-ru-i-ke ya (5)

ka-wa-zu to-bi-ko-mu (7)

mi-zu no o-to (5)


Saat itu, mentor gue juga nunjukin versi bahasa Indonesia dari Haiku nya Bashō. Kek gini:

Kolam tua

Ada kodok

Plung!

Jaman gue SMA, gue sering banget bikin Haiku. Biasanya gue bikin Haiku dalam bahasa Inggris karena menurut gue lebih mudah dalam pemotongan kata yang mau gue pake. Kalo pakek bahasa Indonesia kadang suka terlihat maksa pas motong kata menuju baris berikutnya. Kayak Haiku gue yang ini:

Ku ha nya bi sa

Nik ma ti da ri ja uh

Pe so na mu dear...


Karna kutahu

Ku tak dapat miliki

Dirimu, sayang



Jadi biarlah

Kupendam rasa ini

Sendiri saja

Kalo pakek bahasa Inggris, biasanya lebih gampang karena suku kata di bahasa Inggris gag kayak suku kata di bahasa Indonesia. Maksud gue, satu kata yang kalo dieja secara bahasa Indonesia tuh 2 suku kata,kalo di bahasa Inggris diejanya satu suku kata karena suku kata berlaku pas itu kata diucapin. Kek gini contohnya:

There are wine and steak

The grea test cou ple of meal

Just like me and you


See, itu Haiku kalo di ucapin terasa 5-7-5 nya. Dan tiap baris juga berisi masing-masing 5-7-5 kata. Makanya buat gue lebih enak bikin Haiku pakek bahasa Inggris.



Gue bikin Haiku biasanya gag cuma tentang alam seperti aturan dari Jepangnya. Biasanya hal-hal random sekali pun bisa gue bikin jadi Haiku. Contohnya pas SMA gue ngadain outing dan menggunakan tronton sebagai transportasinya.

Di dalam tronton

Sempit dan penuh sesak

Seperti pepes


Dan saking asiknya bikin Haiku, dan saking alerginya sama angka dan mata pelajaran IPA selain Biologi, gue pas kelas 10 nulis Haiku di kertas soal UTS dan UAS pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia. Ah, those hectic time~



Beberapa puisi yang pernah gue post di blog 30 Hari Menulis ini juga ada yang bentuknya Haiku. Hayo tebak puisi yang mana aja... ^^



Oke sepertinya segitu aja yang bisa gue share tentang Haiku. Gue sangat menunggu apabila ada yang mau ajak gue Haiku battle.



Kita berpisah / Tidak akan permanen / Sampai bertemu~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar