Rabu, 25 September 2013

Jenjong

Pernahkah elo membuat janji? Tentang apa saja kepada teman, sahabat, pacar, orang tua, atau saudara elo? Gue, jarang. Karena gue akuin kalo gue bisa melanggar janji itu karena kelemahan gue yang adalah seorang pelupa. Walaupun ingatan gue gag separah ingatan ikan yang bisa hilang dalam 3 menit (apa 3 detik yak? Lupa (tuh kan)).

Janji itu bentuknya bisa apa aja. Janji kalo lo akan berhenti merokok. Janji di tempat dan waktu tertentu untuk melakukan kegiatan bareng sahabat lo. Sampai janji sehidup-semati dalam pernikahan.

Untuk janji sehidup-semati bakal gue bahas di akhir tulisan karena janji ini termasuk yang paling berat dan serius. Well, bukan berati janji-janji selain janji sehidup-semati gag serius sih. Tapi... Ya gitu deh!

Orang biasanya berjanji untuk mengubah bad habit nya agar menjadi orang yang lebih baik. Tapi sepengalaman saya, janji mengubah bad habit itu kalo janjinya ke orang dan bukan untuk diri sendiri, jatohnya malah bakal nyiksa. Kenapa? Gue beri contoh diri gue di pertengahan tahun 2010. Gue yang saat itu udah sekitar 2 tahun lebih  jadi perokok tetiba berjanji untuk berhenti merokok. Hal itu gue lakukan karena orang yang gue suka, gag suka sama cewek perokok. Ya, waktu itu gue berenti ngerokok kurang lebih 6 bulan karena sedang menggebet si orang ini. Namun ketika si orang yang gue gebet ini ternyata gue ketahui punya pacar, langsung lah gue beli sekotak Avolution Menthol yang gue abisin dalam 3 jam di Sevel Matraman.

Inti cerita di atas, janji untuk mengubah kebiasaan buruk kalo bukan berasal dari diri sendiri itu bullshit. Karena apabila penyebab elo untuk 'menjadi lebih baik' hilang, seringnya elo akan kembali ke kebiasaan lama lo yang buruk itu. Gag semua memang. Tapi kebanyakan begitu.

Gue suka sebel tuh kalo janjian untuk ketemu sama orang yang ngaret bahkan orangnya membatalkan janji di detik-detik terakhir waktu yang ditentukan untuk ketemu. Misalnya gue janjian ditempat K jam 6 supaya di jemput oleh si S. Eh si S nya malah ngaret. Gag sejam dua jam tapi 5 jam, misalnya. Apa orang kayak gitu mikirnya dia sangat dibutuhkan sampe bisa seenak jidatnya aja ngaret? Gue juga sebagai pihak yang dingaretin sebenernya bisa pulang sendiri setelah si S ngaret sejam. Tapi si S sangat pintar mengulur waktu supaya gue bersedia nungguin dia dan gue gag pulang sendiri. Gue yang begok memang. Tapi gue rasa gag cuma gue yang pernah ngalamin hal macem ini. Dan buat gue, si S itu udah gag pantes gue kasih kepercayaan gue lagi setelah dia melakukan hal macem begono ke gue.

Gue seringnya kalo mau telat gue akan kasih perkiraan ke orang yang gue telatin (?). Misalnya gue janjian sama sahabat gue si A. Biasanya sahabat gue si A itu nanya jam berapa gue bakal nyampe di TKP. Kalo gue dari kampus, gue bakal perkirain durasi perjalanan gue ke TKP dan kasih tau dia jam berapa gue paling telat akan nyampe di TKP. Apabila ada halangan rintangan dalam perjalanan yang bikin gue gag bisa tepat waktu nyampe TKP, tentu gue akan kabari si A untuk tunggu maksimal 30 menit dan nyuruh si A tinggalin aja gue kalo dalam 30 menit belom nongol. Gue gag mau memperlakukan temen gue bagai snoozer alarm di hape karena gue tau rasanya dijadiin snoozer kayak yang si S lakukan ke gue. Betekin.

Kalo gue diminta dateng ke acara tertentu, gue gag pernah janji akan pasti dateng. Biasanya gue akan bilang gue usahain atau kalo emang jodoh, gue bakal dateng. Gue gag mau orang yang mengundang gue mengharapkan kedatangan gue dan kecewa karena gue gag nongol di acaranya. Terasa pede banget sih memang. Tapi kan kali aja kalo orang yang ngadain acara nya itu juga anaknya sensitip kek gue dan capek dikecewain dan di phpin sama orang.

Maka dari itu, seperti yang gue bilang di paragraf pertama postingsn ini, gue gag pernah mau janji sama orang. Termasuk soal perkiraan waktu ketemu pas janjian. Biasanya gue akan mengkonfirm ulang di pagi hari H, jam berapa gue akan nongol di TKP. Misalnya janjian jam 4, gue akan berangkat jam 3. Tapi karena tak ada manusia yang sempurna, gue akan bilang untuk tunggu gue ampe jam 5. Karena gue gag tau apa yang akan terjadi dalam perjalanan gue. Biasanya sih tetep gue yang nyampe duluan dan gue yang nunggu. Hahah.

Janji sehidup-semati dalam pernikahan! Ya, ini janji yang paling berat buat gue dan untuk saat ini gue belom mau melakukannya. Selain karena penyebab yang udah gue kasih tau di atas, janji ini melibatkan Sang Pencipta sebagai saksinya. Bukannya gue alergi komitmen untuk selalu bersama partner yang sama seumur hidup. Tapi, berat coy kalo udah urusan sama Sang Pencipta mah. Musti serius banget kalo udah kek begono. :p

Intinya, janji itu adalah tolok ukur seberapa reliable nya elo di mata orang. Kalo elo sekali aja gag menepati janji yang lo sepakatin sama orang yang janjian sama elo, udah deh, gag ada harapan lagi elo untuk dipercaya dalam hal apapun sama itu orang.


#UdahGituAja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar