Minggu, 22 September 2013

2 Telinga 1 Mulut



Kawan saya pernah bilang kalo dia suka banget kalo curhat atau ngegalau ke saya. Ketika ditanya kenapa, katanya cuma saya kawan yang gag pernah memberi nasihat ato wejangan tanpa diminta. Waa... ^^

Pas saya tanya lebih detil, ternyata kalo dia curhat ato ngegalau sama orang lain, misalnya sama si A, itu orang pasti ngasih nasihat yang bahkan lebih panjang dari curhat si temen. Malah kadang, nasihatnya lebih terasa bagai menggurui. Dan nasihat itu pun seringnya gag nyambung sama topik yang dicurhatin kawan saya. Lain lagi kalo curhat sama si B. Kawan saya kalo curhat sama si B gag pernah bisa ampe tuntas. Pasti di tengah-tengah dipotong sama si B yang akhirnya malah curhat ke kawan saya. Akhirnya dia jadi males curhat sama siapa-siapa karena kelakuan si A dan si B.

Lalu datanglah saya secara random ke kehidupan si kawan. Kawan saya yang tadinya udah gag percaya siapa-siapa untuk dicurhatin, terpancing pun karena saya sering curhatin dia. Dan setelah beberapa ‘sesi’ curhat rutin, keluarlah pernyataan kalo si kawan senang curhat sama saya karena saya selalu mendengarkan dengan seksama apa yang dicurhatin si kawan.

Saya tersanjung dengan kata-kata kawan saya itu. :”>

Sebenernya gag cuma si kawan itu yang bilang kalo saya enak dijadiin ‘kantong muntah’ segala curhat. Udah banyak yang bilang kek gitu. Saya pun merasa demikian karena memang saya senang mendengar orang bercerita. Ketika orang cerita, saya akan mendengar sambil mencerna untuk mengeluarkan kalimat yang tepat untuk menanggapinya. Dan tanggapan itu keluar gag setiap saat dan panjang. Seringnya sih, saya nyeletuk di bagian yang saya rasa asik untuk diceletukin. Tapi overall, saya lebih banyak mendengarkan.

Menurut saya, manusia itu kalo lagi galau dan kalut sebenernya hanya butuh didengar (dan ditraktir bir, hehe..). Banyak contoh dari film yang menunjukkan hal itu. Salah satunya di serial tv Amerika ‘How I Met Your Mother’. Di salah satu episodenya, ada tokoh yang baru putus sama pacarnya. Si tokoh datang ke bar langganan dia dan sahabatnya. Di bar, si tokoh yang baru putus bercerita panjang kepada sahabatnya itu. Disana, sahabatnya hanya diam atau menganggukan kepala saja selama si tokoh cerita. Barulah ketika si tokoh selesai bercerita, sahabatnya menanggapi dan memberikan semangat kepada si tokoh yang lagi galau abis diputusin itu.

Saya pun merasa demikian. Sebagai manusia yang SengDikCur (Senggol Dikit Curhat), saya merasa ketika galau saya harus membicarakan kegalauan saya kepada orang. Kalo kawan-kawan saya pada sibuk, biasanya saya cerita ke diary. Kalo gag, saya akan terus galau dan lanjut mengalami stress akut. Setelah kegalauan saya ditumpahkan ke orang atau ke diary, barulah saya tenang. Gag seratus persen tenang sih memang. Tapi setidaknya lima puluh persen beban di dada terangkat lah.

Makanya, saya melakukan treatment yang sama ketika ada kawan yang curhat. Saya akan secara sukarela jadi kambing congek yang bisu bila ada kawan yang curhat. Yah, gag bisu sepenuhnya sih. Cuma bicara kalo si kawan minta pendapat atau tanggapan di tengah surhat yang sedang dia lakukan.

Saya rasa ada makna yang sangat keren kenapa Tuhan menciptakan manusia dengan dua telinga dan satu mulut. Itu supaya manusia lebih banyak mendengar daripada berbicara. Lebih banyak dicurhatin daripada nasehatin. Karena nasehat yang diberikan kan belom tentu oke. Dan belom tentu juga si orang yang curhat mau dinasehatin pas curhat. Orang bercerita untuk mengurangi beban. Bukan menambah kebetean dengan dinasehatin. Karena gag semua orang suka dinasehatin.

Banyak keuntungan dari dengar dulu komentar belakangan. Salah satunya, kita jadi gag memberikan nasehat atau tanggapan yang gag perlu ke si pencurhat. Kita jadi ngerti benang merah atau main topic dari cerita si pencurhat. Jadi gag bikin keliatan sok tau buat si pencurhat. Mungkin karena itulah perusahaan asuransi Prudential memiliki tagline ‘Always listening, always understanding’. Mereka jadi ngerti kebutuhan nasabah (understanding) karena mereka selalu mendengarkan apa yang dicueahkan oleh nasabah (listening).

Yaaahhh... Walaupun dengan curhatnya didengerin, masalah gag bisa seketika itu selesai sih. Tapi curhat itu kan salah satu cara untuk mengurangi beban galau. Jadi yaa.. Gitu deh. ;)

#UdahGituAJa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar